Pengenalan Akupuntur

Akupuntur atau Acupunture berasal dari kata Latin yaitu ACUS berarti jarum dan PUNGERE berarti tusuk. Akupuntur atau Acupunture adalah sejenis terapi yang menggunakan teknik penusukan jarum-jarum halus pada titik tertentu di badan yang lebih dikenal sebagai ‘ acupunture point ‘.

Terapi Akupuntur telah digunakan oleh berbagai masyarakat kuno pada awal jaman seperti orang-orang Bunti Afrika, Arab Tigris, Mesir kuno, India dan China. Namun begitu, ahli-ahli terapi memberikan penghormatan mereka lebih kepada China. Hal ini kerana terapan Akupuntur ini telah lama dilakukan oleh penduduk di negeri China yaitu sejak 4000 tahun yang lalu hingga hari ini.

Sejarah juga ada membuktikan bahwa bangsa China merupakan bangsa pertama di dunia yang mencatatkan sejarah dalam perubatan Akupuntur. Hal ini terbukti apabila Maharaja China telah menulis dengan lengkap dalam bukunya yang bertajuk ‘ Huang ti The Yellow Emperor Canon of Medicine ‘yang dikarang pada tahun 2000 SM. Buku yang diterjemahkan masih berada dalam simpanan seorang penulis di Beijing, China.

Jenis Jenis Akupunr

Terapi Akupuntur, Akupunture, Akkupunture, Akupuncture, atau Acupunture berbeda sedikit di antara cara terapi masyarakat kuno China dengan terapi masa kini. Dahulu, masyarakat kuno China menggunakan batu – batu tajam, kayu dan tulang sebagai asas terapi untuk menekan dan menusuk pada bagian bagian tertentu. Tetapi kini, alat – alat terapi ini diganti dengan cara yang lebih modern yaitu penggunaan jaurm-jarum yang halus yang telah disterilkan atau disucihamakan. Jarum – jarum ini dibuat dari berbagai macam bahan logam seperti jarum silver atau jarum perak, jarum copper atau tembaga, dan jarum emas.

Jarum emas adalah jarum termahal di kalangan jarum – jarum halus. Jarum ini dipercayai dapat mengeluarkan tenaga ‘ Qi ‘ 100 kali lipat daripada jarum perak. Tenaga Qi adalah tenaga yang menggerakkan jasad kita. Jika pengaliran tenaga ini terganggu, maka badan kita akan berasa sakit.

Pada jarum-jarum halus tersebut, sudah tersedia energi magnetik yaitu kasiat obat terhadap jarum tersebut. Hal ini memberikan rasa seperti berdenyut – denyut, kebas, berat, apabila jarum – jarum tersebut ditusuk pada suatu titik tertentu di badan. Rasa yang kita alami ini dikenal sebagai ‘ Deqi ‘atau ‘Techi’ dan mengeluarkan arus elektrik melalui apa yang dinamakan sebagai koleteral, channel, atau meridian. Dalam hal ini,semua rasa kesakitan atau bisa dikeluarkan melalui kuasa Qi tersebut seterusnya membuat pasien sembuh dan menyembuhkan penyakit.

Praktisi pengobatan Akupuntur menyatakan bahwa terdapat 365 titik Akupuntur / Akupunture atau Acupuntre yang utama dan lebih 1000 titik Akupuntur istimewa pada tubuh manusia. Titik Akupuntur merefleksikan susuatu gangguan apabila sesuatu penyakit pada organ badan kita mewujudkan rasa sakit dan bengkak di tempat yang jauh daripada organ kita. Sebagai contoh, rasa sakit pada diafragma bisa menyebabkan rasa sakit di hujung bahu..

Praktisi Akupuntur juga menegaskan sebagian besar titik Akupuntur sejumlah 12 kumpulan utama di mana titik – titik ini digabungkan melalui Meridian. Meridian yang mempunyai 12 meridian utama mengalirkan Qi dari mulai dari, paru-paru, usus besar, perut, limfa, jantung, usus kecil, kandung kemih, organ ginjal, kandung empedu, san jiao dan hati. Dalam pada itu, jumlah titik-titik Akupuntur pada meridian adalah berbeda. Sebagai contoh meridian jantung mempunyai sembilan titik dan meridian kandung kemih mempunyai 67 titik.

Seorang peneliti terkemuka, menyatakan bahwa tekanan pada titik – titik tertentu adalah berkaitan dengan pola rasa nyeri dan apabila diberi sesuatu rangsangan yang singkat tetapi berpresisi tinggi pada titik itu melalui jarum halus hal ini dapat meredakan suatupenyakit. Selain itu, para ilmuan peneliti tentang Akupuntur atau Akupunktur atau Acupunture di Amerika Serikat menemukan bahwa otak kita mengeluarkan ‘ endorfin ‘ yang bisa meredakan suatu gangguan penyakit sewaktu menjalani terapi Akupuntur. Di kebanyakkan negara seperti Amerika Serikat, United Kingdom, dan Hong Kong di mana terdapat banyak pecandu narkoba jenis Heroin,mereka menggunakan cara terapi Akupuntur untuk meningkatkan kadar endorfin dalam badan. Hal ini karena kebanyakkan pecandu narkoba mempunyai kadar endorfin lebih rendah dalam tulang spinal mereka.

Pada tahun 1965, peneliti penyakit telah menemukan satu teori tentang adanya sejenis ‘ pintu ‘pada setiap saraf ujung . Pintu tersebut sentiasa tertutup dan tidak memberikan rangsangan sampai ke otak . Selain itu , pintu dalam saraf itu diawali oleh dua rangsangan secara berkesinambungan . Sebagian rangsangan berfungsi menutup pintu dan sebagian lagi rangsangan lain berfungsi untuk membuka pintu. Namun yang lebih utama adalah rangsangan untuk menutup pintu ujung syaraf dan hal ini menyebabkan ras sakit tidak terasa walaupun terjadi rangsangan. Namun begitu,terapi melalui Akupuntur bisa berfungsi untuk membuka dan menutup pintu dalam saraf secara signifikan.

Bentuk atau macam Akupuntur.

Akupuntur, akupunktur, atau Acupunture atau moden hari ini, terdapat Berbagai teknik yang diterapkan oleh ahli-ahli Akupuntur atau terapis Akupuntur atau Secara keseluruhan terdapat lebih daripada 11 bentuk Akupuntur moden. Antaranya adalah Akupuntur klasik di mana kebiasaanya menggunakan jarum-jarum halus sebagai terapi . terdapat juga Akupuntur elektrik atau eleectro acupuncture dengan menggunakan stimulator elektrik voltasi rendah supaya tidak membahayakan pasien dan Akupuntur elektronik yang menggunakan alat-alat elektronik kecil.

Selain itu, Akupuntur bekam darah menggunakan alat jarum bekam untuk mengeluarkan darah kotor dari badan kita. Terdapat juga Akupuntur bekam yang menggunakan alat bekam untuk mengeluarkan angin dari badan kita. Akupuntur moxibusi ialah Akupuntur yang menghangatkan pada titik-titik tertentu dengan menggunakan moxa yang terbuat dari daun hia. Dan ada juga Akupuntur urut yang meliputi pelepasan tekanan, urut ( massage ) dengan menggunakan alat pipih terbuat dari tanduk kerbau yang juga disebut terapi Guasa . Selain itu, terdapat juga Akupuntur atau Acupunture, kepala, telinga, tangan dan sebagainya.

Cara Kerja Terapi Akupuntur

Salah satu macam pemanfatan terapi Akupuntur adalah terapi yang banyak memberikan keberhasilan sebagai penahan sakit atau Anestetik . Pasien biasanya berada dalam keadaan sedar ketika mereka menerima terapi Akupuntur anestesi. Terapi Akupuntur atau accupunture juga bisa digunakan dalan merawat anak yang terkena autis. Hal ini sudah terbukti dapat memulihkan perilaku anak anak yang menderita autis menjadi normal.

Titik Akupuntur mempunyai sifat elektrik yang sangat luar biasa. Titik-titik ini mampu mengalirkan aliran elektrik disekeliling kulit dan pada daerah yang berdekatan atau berkaitan. Namun, apa yang luar biasa adalah titik Akupuntur berubah mengikut emosi pasien. Jika ditinjau mengikut cara pengobatan Cina atau yang sering disebut traditional Chinese medicine, terapi akupuntur dikaitkan dengan tenaga Qi atau chi dan konsep Yin dan Yang. Konsep Yin dan Yang juga berkaitan dengan organ dalam tubuh yang baik dikenal sebagai organ Yin dan Yang. Keseimbangan dalam Yin dan Yang menentukan kestabilan kesehatan badan .

Pengobatan Cina juga mengkaitkan hubungan cuaca dengan 5 unsur yaitu kayu, air, api, logam, dan bumi dengan kesehatan dan penyakit seseorang. Manakala organ dalam tubuh badan dikaitkan dengan 5 unsur serta Yin dan Yang. Sebagai contoh hati dikaitkan dengan kayu, jantung dengan api, limfa dengan bumi atau tanah. Namun begitu, hal yang paling utama dalam tatalaksana atau kaedah Akupuntur adalah diagnosis nadi. Kaedah ini adalah penting kerana dapat mendiagnosa penyakit yang pernah dialami oleh pasien. Hal ini memudahkan para praktisi akupuntur mengenal pasti dengan mudah latar belakang penyakit seseorang. Selain itu, praktisi Akupunktur atau akupuntur tradisional juga bisa mengukur kelainan organ,dalam meridian dengan memeriksa nadi arteri radial pada pergelangan tangan. kelainan organ dalam, meridian ini bisa mencapai sehingga 14 jenis nadi arteri pada kedua-dua pergelangan tangan . Namun begitu, ahli-ahli Akupuntur berpendapat 5 atau 6 nadi saja yang biasa menjadi pokok diagnose bagi tujuan pengobatan . Selain itu, Terapis Akupuntur tradisional juga akan memeriksa lidah, warna kulit, rambut, pergerakkan dan posisi dan gerak gerik tubuh , pernafasan dan bunyi suara dalam terapi akupuntur atau acupunture. Di samping itu, gaya dan pola hidup , diet, kebiasaan tidur yang mencukupi, ketegangan pikiran, dan reaksi terhadap penyakit juga termasuk meampengaruhi tingkat penyakit seseorang. Proses ini dikenal sebagai ‘ Mempalpat atau palpitasi nadi ‘ yaitu mendiagnosis gangguan aliran Qi atau sering disebut chi dan serangan penyakit terhadap organ dalam.

Leave a Reply